- Dev C++ anda dapat mendownloadnya di sini : http://www.mediafire.com/?0w8mo9nbiamaeka
- dan Liblary untuk OpenGL di sini kita memakai Glut : http://www.mediafire.com/?5haqg77rkuz5hsu
Oke cara-caranya sekarang untuk menggabungkan Program dengan Liblary OpenGL :
![]() |
gambar2 |
- Selanjutnya Pilih Install
- Kemudian carilah file liblarynya yang masih dalam ke adaan Zip dan sebelum mencari ubah files of type menjadi Generic Package dan pilih file liblary kemudian di instal apabila sudah sukses maka file akan tampil seperti gambar 2
- Setelah itu buat Project Baru dengan cara Pilih File > New > Project kemudian akan tampil seperti ini
- Pilihlah tab MultiMedia dan Pilih OpenGL kemudian akan dibagi menjadi 2 apakah anda ingin membuat OpenGL dengan C atau C++ dan masukan nama project yang di ingin kan maka akan menampilkan seperti ini :
![]() |
Gambar 3 |
![]() |
Gambar 4 |
- pada gambar4 sudah berbentuk program yang sudah jadi yaitu program OpenGL yang berbentuk suatu animasi Segitiga yang berputar kemudian rubah lah pada baris ini untuk membuat sebuah program yang baru
- glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); > digunakan untuk membuat warna pada Background untuk hasil output program yang ingin di buat
- glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); > digunakan untuk membersihkan suatu layar dari program sebelumnya
- glPushMatrik( ); > digunakan untuk menyatakan program dalam bentuk suatu matrik
- glBegin (GL_LINES); untuk menentukan jenis objek apa yang akan di buat dalam suatu program jika ingin membentuk segitiga maka gantilah dengan GL_TRIANGEL
- glColor3f (1.0f, 0.0f, 0.0f); > digunakan untuk memberikan warna pada hasil output program yang terdiri dari Red, Green, dan Blue
- sedangkan glVertex2f diugunakan untuk menentukan titik vertex yang ingin di hubungkan untuk membentuk suatu garis dan vertex ini bersifat 2D (2 Dimensi) jika diganti dengan 3 maka grafik akan mencetak dengan sumbu x,y dan z kalau hanya 2 maka hanya berlaku 2 sumbu yaitu x dan y
- glEnd() digunakan untuk menutup coding di atas ini
- glPopMatrix juga sama fungsinya untuk mengakhiri suatu matrix
- dan swapBuffers digunakan untuk menjalankan program OpenGL yang di buat
- dan Sleep (1) digunakan untuk menutup dari semua cooding
dan berikut adalah hasil dari Program di atas :
Selanjutnya sama seperti di atas menggunakan perintah di atas namun dirubah menjadi seperti gambar di bawah ini untuk menghasilkan Garis Vertikal
Garis Vertikal
selanjutnya membuat program yang terakhir yaitu membuat Garis Diagonal
Garis Diagonal
ketikan Coding berikut ini seperti cara pertama dan ke 2 :
Semoga penjelasan dari pemerograman OpenGL ini bermanfaat bagi pembaca dan jika penulis ada kesalahan kata atau salah mengetik penulis meminta maaf sebesar-besarnya dan terimakasih sudah mampir di blog saya yang sederhana dan kumuh ini Salam Sobat Bloger
No comments:
Post a Comment